Skip to main content

Professional Scrum Master

Live Virtual Class, April 6-8, 2021

Class Overview

Dikarenakan COVID-19, kelas ini akan difasilitasi oleh trainer berpengalaman secara virtual.

Halo semuanya. Terima kasih sudah mengunjungi laman ini dan ketertarikannya dengan Live Virtual Class Instructor Lead Professional Scrum Master dari Scrum.org. Panjang ya? :)

Dikarenakan situasi terkini di sekitar kita, banyak dari kita yang didesak oleh keadaan untuk beraktifitas di rumah. Beberapa orang meminta saya untuk memfasilitasi kelas Professional Scrum Master dari Scrum.org secara virtual. Di kelas ini saya tetap memfasilitasi materi resmi dari Scrum.org namun telah saya adaptasi supaya tetap optimal difasilitasi secara online tanpa mengurangi nilainya sedikit pun.

 

Lalu apa yang membedakan kelas PSM virtual dengan kelas PSM offline yang biasanya kami selenggarakan?

  • Kelas ini akan berjalan selama tiga hari dimulai dari hari Selasa hingga hari Kamis.
  • Kita tidak akan menghabiskan waktu selama 8 jam penuh. Jadwal trainingnya adalah 08:00-12:30 WIB. Mohon timezonenya harap diperhatikan.
  • Kita akan ada jeda waktu istirahat selama 1 jam di tengah-tengah untuk makan siang dan juga ada rehat selama 10 menit di pagi hari dan di siang hari sesuai dengan kesepakatan yang dibuat di hari pertama.
  • Kelas ini hanya akan dibatasi maksimal 15 orang peserta agar semua peserta bisa mendapatkan hasil pembelajaran dan diskusi yang optimal.

 

Apa yang membedakan kelas virtual PSM dengan online training lainnya yang ada di pasar?

  1. Kebanyakan online training seperti dari Udemy maupun Coursera tidak ada interaksi dengan trainer. Hal ini tidak jauh berbeda dengan menonton video-video youtube yang telah saya rekam. Di training ini peserta dapat berinteraksi dengan peserta lain lewat tugas kelompok yang telah kami rancang agar interaktif dan juga berinteraksi dengan trainer kami.
  2. Virtual training yang dibawakan oleh vendor lain walaupun ada trainer yang akan mengajar bersifat satu arah yang hanya menonton slide powerpoint saja sehingga pelatihan seperti ini bisa membosankan. Ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan online training dari Udemy maupun Coursera.
  3. Virtual training kami selain memiliki banyak interaksi dengan tugas kelompok juga telah kami rancang agar seminimal mungkin menggunakan slide powerpoint. Bahkan kami akan memberikan slide powerpoint untuk dibaca sendiri oleh peserta di luar pelatihan. Pada saat pelatihan peserta akan lebih banyak praktek daripada menonton.
  4. Pengalaman trainer selama satu dekade di pasar Indonesia yang dapat menjawab pertanyaan peserta mengenai implementasi Scrum di Indonesia.

 

Janji kami untuk para peserta

  • Diskusi dua arah yang memaksimalkan intelegensia kolektif dan kami tidak hanya mempresentasikan slide powerpoint saja. Kami akan membuat setiap peserta sibuk selama tiga hari bukan letih menonton slide demi slide.
  • Pengalaman kami selama satu dekade memfasilitasi training Scrum di Indonesia sejak Scrum belum sepopuler sekarang menjadi jaminan untuk peserta bahwa kami lebih memahami konteks permasalahan di Indonesia dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai penggunaan Scrum di konteks Indonesia.
  • Pengalaman virtual training yang luar biasa. Berbeda dengan vendor lain, kami telah menaruh investasi untuk hardware dan software terbaik di pasar dan kualitas video dan audio yang optimal untuk memastikan peserta mendapatkan pengalaman yang tidak kalah jauh dengan training offline. Kami tetap percaya dengan profesionalisme bahkan untuk virtual training.
  • Setiap peserta akan lanjut untuk belajar di dalam komunitas eksklusif alumni Professional Scrum yang telah kami bentuk sejak 5 tahun lalu sehingga peserta dapat belajar pengetahuan Scrum dari alumni lainnya.
  • Apabila peserta di kemudian hari ingin pelatihan PSM bersama kami lagi secara offline, maka peserta cukup membayar biaya venuenya saja. Hubungi Jessica lewat WhatsApp perihal penawaran ini.

 

Lalu langkah berikutnya apa nih?

  1. Silahkan mendaftarkan diri lewat formulir pendaftaran atau bisa langsung hubungi Jessica lewat WhatsApp. Apabila anda belum yakin dan ingin mendapatkan pengalaman virtual training selama satu jam secara gratis, silahkan hubungi Jessica lewat WhatsApp.
  2. Kami akan mengirimkan invoice pembayaran kepada anda.
  3. Kami akan mengkonfirmasi slot peserta. Apabila ternyata kelas sudah penuh maka kami akan masukkan peserta ke daftar tunggu (apabila ada yang tiba-tiba membatalkan diri) atau ke kelas di batch berikutnya.
  4. Setelah peserta telah dikonfirmasi, kami akan mengundang peserta ke komunitas Alumni Professional Scrum agar dapat kami berikan penjelasan mengenai perangkat yang perlu diinstal di komputer mereka untuk dapat mengikuti pelatihan.

Semoga penjelasan ini cukup jelas. Namun apabila masih ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk menghubungi Jessica lewat WhatsApp. Stay safe and stay healthy.

 

Lihat jadwal pelatihan Professional Scrum Master di Indonesia lainnya.

Class Details

Language

Indonesian

Delivery Method

Live Virtual Class
Time Zone: Asia/Jakarta
Start/End Time: 8:00 AM - 12:30 PM

Date

Start: April 6, 2021
End: April 8, 2021

Class Format

Traditional

Registration & Price

Price: IDR 7000000

Registration for this class has closed

More Information

Pelatihan Professional Scrum Master

Pelatihan Professional Scrum Master (PSM) dari Scrum.org adalah pelatihan intensif bersertifikasi internasional selama dua hari penuh yang bersifat interaktif, kolaboratif dan menyenangkan namun tidak menghilangkan esensi dari pembelajaran utama. Professional Scrum Master bukan sebuah pelatihan untuk pemula dalam Scrum tetapi pelatihan tingkat menengah (intermediate) untuk praktisi Scrum terutama untuk Scrum Master yang ingin lebih memahami lebih dalam prinsip-prinsip dan nilai-nilai dalam Scrum.

Pelatihan ini akan dibawakan oleh trainer asal Indonesia yang telah membantu berbagai perusahaan ternama di Indonesia menjadi agile menggunakan kerangka kerja Scrum. Trainer memiliki banyak pengalaman menggunakan Scrum di konteks perusahaan-perusahaan di Indonesia selain di luar Indonesia sehingga peserta dapat lebih memahami bagaimana menggunakan Scrum di konteks mereka masing-masing. Pelatihan ini akan lebih banyak diskusi interaktif dan membahas studi kasus dalam penggunaan Scrum dengan ditunjang oleh teori-teori pendukung. Trainer juga merupakan penulis Buku Manajemen Modern dengan Scrum, buku Scrum dalam Bahasa Indonesia yang terlaris hingga saat ini dan telah mengubah banyak cara bekerja dan cara berpikir praktisi software development di Indonesia.

 

Obyektif pelatihan:

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat:

  • Memahami perbedaan filosofi dasar antara Scrum dengan metodologi software development tradisional seperti Waterfall.
  • Memahami Scrum sebagai kerangka kerja dan bukan merupakan metodologi software development.
  • Memahami filosofi di balik Scrum dan kenapa Scrum dirancang sedemikian rupa agar efektif untuk software development dan pengembangan produk dalam lingkungan kompleks.
  • Menjelaskan Scrum kepada berbagai pihak mulai dari manajemen hingga people & culture department di dalam perusahaan.
  • Memahami peran-peran yang ada di dalam Scrum dan akuntabilitas masing-masing peran di dalam Scrum.
  • Memahami perbedaan Scrum Master dengan peran manajer proyek tradisional maupun technical leader dalam software development lifecycle (SDLC) tradisional.
  • Memahami peran Scrum Master sebagai seorang coach dan fasilitator dapat membuat tim Scrum yang efektif dalam mengembangkan software maupun produk kompleks di lingkungan kompleks.
  • Memahami bagaimana Scrum Master sebagai seorang servant-leader (pemimpin yang melayani) dapat membimbing sebuah organisasi menjadi lebih agile lagi menggunakan kerangka kerja Scrum.

 

Prasyarat:

Peserta akan mendapatkan hasil yang maksimal dari pelatihan ini apabila:

  1. Sudah membaca Scrum Guide.
  2. Sudah lulus ujian dengan nilai 90% Scrum Open Assessment dari Scrum.org
  3. Sudah memegang peran sebagai Scrum Master atau akan dipromosikan menjadi Scrum Master di masa mendatang.
  4. Sudah membaca artikel: Scrum Master bukan manajer proyek ataupun technical leader.

 

Pelatihan ini sudah termasuk:

Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman dari trainer asli orang Indonesia, peserta akan mendapatkan:

  • Modul pelatihan Professional Scrum Master resmi dari Scrum.org.
  • Token ujian Professional Scrum Master (PSM) I sebanyak dua buah.
  • Akses ke dalam komunitas eksklusif Professional Scrum Master Indonesia dan coaching dari Joshua Partogi.

 

Pelatihan ini tidak termasuk:

Biaya penginapan dan biaya transportasi menuju tempat pelatihan. Peserta diharapkan untuk menanggung biaya penginapan dan biaya transportasinya masing-masing.


 

Silabus

Pelatihan ini bersifat dinamis, artinya topik-topik yang akan dibahas sesuai dengan kebutuhan peserta. Namun topik-topik ini akan dibahas pada saat pelatihan:

 

1. Scrum Framework

Scrum adalah sebuah kerangka kerja sederhana untuk mengembangkan produk kompleks seperti software. Di modul ini peserta dapat memahami elemen dasar apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan kerangka kerja Scrum beserta pentingnya elemen pendukung seperti Sprint Goal, Product Backlog Refinement dan Definisi Selesai.

 

2. Prinsip-prinsip dan nilai-nilai dasar Scrum

Scrum terdiri dari nilai-nilai dasar dan prinsip-prinsip yang mendorong setiap orang untuk bekerja dan berpikir secara berbeda agar perusahaan dapat lebih agile lagi dalam menanggapi tantangan global di pasar. Di modul ini peserta akan belajar pentingnya nilai-nilai dan prinsip-prinsip tersebut agar perusahaan tidak terjebak dalam penggunaan Scrum hanya sampai di level permukaan atau mekanik Scrum saja.

 

3. Tim yang berfungsi antar lintas dan bersifat swakelola

Berbeda dengan pola kerja tradisional yang top-down dan otoritas terpusat di manajer. Di modul ini peserta akan belajar bagaimana cara kerja Scrum yang bottom-up mendistribusikan akuntabilitas dan mendorong setiap orang di dalam perusahaan untuk berfungsi antas lintas dan swakelola untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

 

4. Memulai Scrum di Perusahaan

Scrum adalah sebuah kerangka kerja yang sangat sederhana namun bukan berarti memulai Scrum di sebuah perusahaan yang tidak biasa dengan pola pikir yang baru juga mudah. Modul ini akan mengajarkan peserta bagaimana memulai Scrum di dalam organisasi yang terbiasa dengan pola pikir tradisional.

 

5. Coaching dan Facilitation

Scrum adalah sebuah kerangka kerja sederhana yang sangat mengandalkan bottom-up collective intelligence. Di modul ini peserta dapat memahami bagaimana peran seorang Scrum Master dalam memfasilitasi bottom-up collective intelligence dan memberikan coaching ke anggota tim maupun organisasi di mana di berada agar setiap orang di dalam perusahaan dapat mencapai potensi yang maksimal sebagai seorang insan manusia.

Venue

Live Virtual

Jam Pelatihan 08:00-12:30 WIB