Skip to main content

Professional Scrum Master

Jakarta, August 27-28, 2019

Class Overview

 

 

Dapatkan pelatihan Scrum bersertifikasi dan bertaraf Internasional langsung dari penulis Buku Manajemen Modern dengan Scrum dalam Bahasa Indonesia agar anda dapat memahami filosofi dibalik Scrum sebenarnya.

 

Lihat jadwal pelatihan Professional Scrum Master di Indonesia lainnya.

Class Details

Language

Indonesian

Delivery Method

In Person Class
Location: Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia (venue details)

Date

Start: August 27, 2019
End: August 28, 2019

Class Format

Traditional

Registration & Price

Price: IDR 10500000

Registration for this class has closed

More Information

Pelatihan Professional Scrum Master

Pelatihan Professional Scrum Master (PSM) dari Scrum.org adalah pelatihan intensif bersertifikasi internasional selama dua hari penuh yang bersifat interaktif, kolaboratif dan menyenangkan namun tidak menghilangkan esensi dari pembelajaran utama. Professional Scrum Master bukan sebuah pelatihan untuk pemula dalam Scrum tetapi pelatihan tingkat menengah (intermediate) untuk praktisi Scrum terutama untuk Scrum Master yang ingin lebih memahami lebih dalam prinsip-prinsip dan nilai-nilai dalam Scrum.

Pelatihan ini akan dibawakan oleh trainer asal Indonesia yang telah membantu berbagai perusahaan ternama di Indonesia menjadi agile menggunakan kerangka kerja Scrum. Trainer memiliki banyak pengalaman menggunakan Scrum di konteks perusahaan-perusahaan di Indonesia selain di luar Indonesia sehingga peserta dapat lebih memahami bagaimana menggunakan Scrum di konteks mereka masing-masing. Pelatihan ini akan lebih banyak diskusi interaktif dan membahas studi kasus dalam penggunaan Scrum dengan ditunjang oleh teori-teori pendukung. Trainer juga merupakan penulis Buku Manajemen Modern dengan Scrum, buku Scrum dalam Bahasa Indonesia yang terlaris hingga saat ini dan telah mengubah banyak cara bekerja dan cara berpikir praktisi software development di Indonesia.

 

Obyektif pelatihan:

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat:

  • Memahami perbedaan filosofi dasar antara Scrum dengan metodologi software development tradisional seperti Waterfall.
  • Memahami Scrum sebagai kerangka kerja dan bukan merupakan metodologi software development.
  • Memahami filosofi di balik Scrum dan kenapa Scrum dirancang sedemikian rupa agar efektif untuk software development dan pengembangan produk dalam lingkungan kompleks.
  • Menjelaskan Scrum kepada berbagai pihak mulai dari manajemen hingga people & culture department di dalam perusahaan.
  • Memahami peran-peran yang ada di dalam Scrum dan akuntabilitas masing-masing peran di dalam Scrum.
  • Memahami perbedaan Scrum Master dengan peran manajer proyek tradisional maupun technical leader dalam software development lifecycle (SDLC) tradisional.
  • Memahami peran Scrum Master sebagai seorang coach dan fasilitator dapat membuat tim Scrum yang efektif dalam mengembangkan software maupun produk kompleks di lingkungan kompleks.
  • Memahami bagaimana Scrum Master sebagai seorang servant-leader (pemimpin yang melayani) dapat membimbing sebuah organisasi menjadi lebih agile lagi menggunakan kerangka kerja Scrum.

 

Prasyarat:

Peserta akan mendapatkan hasil yang maksimal dari pelatihan ini apabila:

  1. Sudah membaca Scrum Guide.
  2. Sudah lulus ujian dengan nilai 90% Scrum Open Assessment dari Scrum.org
  3. Sudah memegang peran sebagai Scrum Master atau akan dipromosikan menjadi Scrum Master di masa mendatang.
  4. Sudah membaca artikel: Scrum Master bukan manajer proyek ataupun technical leader.

 

Pelatihan ini sudah termasuk:

Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman dari trainer asli orang Indonesia, peserta akan mendapatkan:

  • Buku Manajemen Modern dengan Scrum yang ditanda-tangani langsung oleh Joshua Partogi.
  • Modul pelatihan Professional Scrum Master.
  • Token ujian Professional Scrum Master (PSM) I sebanyak dua buah.
  • Diskon sebesar 40% untuk mengikut ujian Professional Scrum Master (PSM) II.
  • Makan siang dan coffee break untuk dua hari.
  • Akses ke dalam komunitas eksklusif Professional Scrum Master Indonesia dan coaching dari Joshua Partogi.

 

Pelatihan ini tidak termasuk:

Biaya penginapan dan biaya transportasi menuju tempat pelatihan. Peserta diharapkan untuk menanggung biaya penginapan dan biaya transportasinya masing-masing.


 

Silabus

Pelatihan ini bersifat dinamis, artinya topik-topik yang akan dibahas sesuai dengan kebutuhan peserta. Namun topik-topik ini akan dibahas pada saat pelatihan:

 

1. Scrum Framework

Scrum adalah sebuah kerangka kerja sederhana untuk mengembangkan produk kompleks seperti software. Di modul ini peserta dapat memahami elemen dasar apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan kerangka kerja Scrum beserta pentingnya elemen pendukung seperti Sprint Goal, Product Backlog Refinement dan Definisi Selesai.

 

2. Prinsip-prinsip dan nilai-nilai dasar Scrum

Scrum terdiri dari nilai-nilai dasar dan prinsip-prinsip yang mendorong setiap orang untuk bekerja dan berpikir secara berbeda agar perusahaan dapat lebih agile lagi dalam menanggapi tantangan global di pasar. Di modul ini peserta akan belajar pentingnya nilai-nilai dan prinsip-prinsip tersebut agar perusahaan tidak terjebak dalam penggunaan Scrum hanya sampai di level permukaan atau mekanik Scrum saja.

 

3. Tim yang berfungsi antar lintas dan bersifat swakelola

Berbeda dengan pola kerja tradisional yang top-down dan otoritas terpusat di manajer. Di modul ini peserta akan belajar bagaimana cara kerja Scrum yang bottom-up mendistribusikan akuntabilitas dan mendorong setiap orang di dalam perusahaan untuk berfungsi antas lintas dan swakelola untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

 

4. Memulai Scrum di Perusahaan

Scrum adalah sebuah kerangka kerja yang sangat sederhana namun bukan berarti memulai Scrum di sebuah perusahaan yang tidak biasa dengan pola pikir yang baru juga mudah. Modul ini akan mengajarkan peserta bagaimana memulai Scrum di dalam organisasi yang terbiasa dengan pola pikir tradisional.

 

5. Coaching dan Facilitation

Scrum adalah sebuah kerangka kerja sederhana yang sangat mengandalkan bottom-up collective intelligence. Di modul ini peserta dapat memahami bagaimana peran seorang Scrum Master dalam memfasilitasi bottom-up collective intelligence dan memberikan coaching ke anggota tim maupun organisasi di mana di berada agar setiap orang di dalam perusahaan dapat mencapai potensi yang maksimal sebagai seorang insan manusia.

 

 

Waktu Pelatihan: 09.00 - 17.00 WIB (untuk kedua hari)

Venue

The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung Kav.E.1.1 No.1, Mega Kuningan 12950