Skip to main content

Applying Professional Scrum for Software Development

Jakarta, September 20-24, 2019

Class Overview

PSD Flyer

Lihat jadwal pelatihan Professional Scrum Developer yang diadakan di Jakarta.

Class Details

Language

Indonesian

Delivery Method

In Person Class
Location: Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia (venue details)

Date

Start: September 20, 2019
End: September 24, 2019

Class Format

Traditional

Registration & Price

Price: IDR 11000000

Registration for this class has closed

More Information

Pelatihan Sertifikasi Professional Scrum Developer dari Scrum.org adalah pelatihan teknis dan praktis selama 3-hari penuh yang mengajarkan peserta mengenai Agile Software Development menggunakan Scrum ditambah praktik eXtreme Programming (XP) dan DevOps. Daripada hanya belajar Scrum secara teoritis, di pelatihan ini peserta akan mengalami Scrum secara langsung dan akan mengembangkan sebuah software yang akan dihantarkan secara iteratif dan inkremental. Peserta juga akan belajar mengenai tantangan yang umumnya dihadapi ketika bekerja sama dengan Development Team dan berhadapan dengan Product Owner dan para stakeholder. Pelatihan Sertifikasi Professional Scrum Developer adalah satu-satunya pelatihan di pasar hingga saat ini yang menggabungkan Scrum, eXtreme Programming dan DevOps dan dilakukan secara praktis daripada secara teoritis.

Pelatihan ini akan dijalankan dengan metode bermain peran dan di pelatihan ini peserta akan bekerja dari Product Backlog yang realistis untuk dapat menghantarkan software yang dapat berfungsi dan dipakai oleh pengguna setiap Sprint. Peserta akan berkolaborasi dengan peserta lainnya untuk secara paralel dan konkuren melakukan pemrograman, perancangan, pengujian, dan deployment setiap Sprint. Peserta akan mengalami 3 Sprint selama 3 hari pelatihan. Daripada mensimulasikan Scrum dengan membangun kota dengan Lego, peserta akan bekerja mengembangkan software dari Product Backlog yang realistis agar peserta dapat memahami keampuhan Scrum dalam memecahkan permasalahan kompleks dalam software development.

Target Peserta

Sifat Pelatihan Sertifikasi Professional Scrum Developer yang teknis membuat pelatihan ini cocok untuk semua orang yang memiliki latar belakang teknis dan saat ini sedang bekerja sama dengan atau dalam Scrum Development Team mulai dari arsitek, programmer, tester dan system analyst.

Product Owner dan Scrum Master dapat menghadiri pelatihan ini juga asalkan mereka mengingat kalau mereka diharapkan untuk berpartisipasi selama 3-hari penuh bersama peserta lainnya untuk mengembangkan software.

Obyektif Pelatihan

  • Memperlengkapi peserta dengan pengetahuan dan pemahaman yang benar mengenai bagaimana menghantarkan software secara iteratif dan inkremental menggunakan Scrum, eXtreme Programming (XP) dan DevOps.
  • Memperlengkapi peserta dengan praktik-praktik teknis yang dapat digunakan bersama dengan Scrum seperti, continuous delivery, test driven development (TDD), refactoring
  • Membangun semangat dan mentalitas positif untuk dapat selalu menghantarkan software yang berkualitas selama satu Sprint.
  • Memberikan pengetahuan bagaimana berinteraksi dengan Product Owner, Scrum Master dan anggota Development Team lainnya.

Silabus Pelatihan / Topik Bahasan

Pelatihan Sertifikasi Professional Scrum Developer mencakup 3 topik utama:

Scrum

Pelatihan Sertifikasi Professional Scrum Developer mensimulasikan Scrum kepada peserta dengan melibatkan peserta bekerja sebagai anggota Development Team yang menghantarkan permintaan dari Product Owner yang akan diperankan oleh trainer menjadi sebuah software yang berfungsi. Dengan metode seperti ini peserta akan dapat langsung dapat memahami alur kerja dalam mengembangkan software menggunakan Scrum.

Tools

Tanpa mengurangi pentingnya aspek people dalam pengembangan software, Pelatihan Sertifikasi Professional Scrum Developer juga mengajarkan peserta bagaimana menggunakan tools yang dapat meningkatkan kualitas software yang dihantarkan secara efektif.

Saat ini Pelatihan Sertifikasi Professional Scrum Developer dapat dibawakan dengan platform Java, .NET, PHP, Python, Ruby dan NodeJS. Silahkan hubungi kami lebih lanjut perihal ini.

Technical Practices

Pelatihan Sertifikasi Professional Scrum Developer memperlengkapi peserta dengan praktik teknis untuk dapat menghantarkan software berkualitas seperti test driven development, continuous delivery, emergent architecture, clean-coding dan refactoring, pair programming, version control dan acceptance testing driven development.

Prasyarat mengikuti pelatihan

Peserta akan mendapatkan hasil yang maksimal dari pelatihan ini apabila:

  • Sudah membaca Scrum Guide.
  • Sudah lulus ujian Scrum Open Assessment dari Scrum.org dengan nilai 90%.
  • Sudah lulus ujian Scrum Developer Open Assessment dari Scrum.org dengan nilai 90%.
  • Sudah menggunakan Scrum dan saat ini berperan sebagai salah satu anggota Development Team.

Pelatihan ini sudah termasuk

Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman dari trainer asli orang Indonesia, peserta akan mendapatkan:

  • Buku Manajemen Modern dengan Scrum yang ditanda-tangani langsung oleh Joshua Partogi.
  • Modul pelatihan resmi Professional Scrum Developer dari Scrum.org.
  • Token ujian Professional Scrum Kanban (PSD) I sebanyak dua buah.
  • Makan siang dan coffee break untuk tiga hari.
  • Akses ke dalam komunitas eksklusif Professional Scrum Developer Indonesia dan coaching dari Joshua Partogi.

Pelatihan ini tidak termasuk

Biaya penginapan dan biaya transportasi menuju tempat pelatihan. Peserta diharapkan untuk menanggung biaya penginapan dan biaya transportasinya masing-masing.

Venue